Kamis, 09 Juni 2011

photoshop jam lima dan enam

RANGKUMAN PHOTOSHOP JAM KELIMA

Memahami layer dan tipenya
Layer adalah lembar kertas transparan, dimana didalamnya dapat diisi dengan teks, gambar, garis dan lainnya
Blending Mode: Perpaduan warna yang menentukan bagaimana tampilan sebuah layer.
~Pilih gambar - tekan f7 - aktifkan polygonnal lasso tool - tekan ctrl+v - tekan ctrl+t (untuk memperkecil potongan gambar-ubah blending mode)
Layer mask: Untuk menyembunyikan isi layer
~Pilih gambar -tekan ctrl+a - tekan ctrl+c - tekan ctrl+v (di jencela berikutnya) - klik add layer mask - aktifkan brush tool - pilih warna brush sesuai keinginan
Layer Style: Untuk tambahan melalui panel layers
~Pilih gambar - menu file > new - tekan ctrl+a - tekan ctrl+c - tekan ctrl+v (dijendela baru) - tekan ctrl+t - putar gambar - pada layer 1, klik add layer style - pilih stroke - aktifkan layer drop shadow - tekan ctrl+j pada background- pilih pattern - ok
Layer adjustments & Panel adustments: Koreksi pada gambar
~Pilih gambar - Adjustments - curves -setting curves


RANGKUMAN PHOTOSHOP JAM KEENAM

Pent tool berguna untuk menggambar objek baik yang bersudut tumpul maupun yang bersudut tajam, seperti membuat logo, siluet, atau icon. Cara menggunakannya klik pen tool.

Rectangle, Rounded Rectangle &Ellipse tool untuk pembuatan bentuk vector berbentuk persegi dan elipse, gunakan salah satu dari ketiga tool ini. Cara menggunakannya aktifkan Rectangle tool dari tool bar, lalu pilih opsi Shape layers. Aktifkan Ellipse tool untuk membuat bentuk lingkaran..klik dan drag kursor.

Polygon tool untuk membuat shape bersudut banyak dan shape berbentuk bintang. Cara menggunakannya, aktifkan Polygon tool, tentukan jumlah sisi obek pada kotak isian Siders. Untuk membentuk bintang, klik tombol shape option, aktifkan opsi Star. Klik dan drag kursor.

Custom Shape tool berisikan beragam bentuk shape siap pakai. Cara menggunakannya, aktifkan Custom Shape tool dari toolbar. Pili bentuk shape yang anda inginkan. Klik dan drag kursor.

Horizontal Type tool untuk menambahkan teks ke dalam gambar atau desain yang telah dibuat. Cara menggunakannya, aktifkan Horizontal Type tool. Pada option bar, pilih jenis font Arial Black, Size:48pt, dan pilih warna putih. Klik pada kanvas untuk membuat point text, setelah point text muncul, ketik teks yang diinginkan. Untuk menydahi penulisan teks, klik tombol Finish editing yang berada pada bagian kanan ujung dari option bar. Untuk menambahkan layer style, gunakan Bevel and Emboss, klik OK. Untuk membuat paragraph text, klik dan drag pada jendela kanvas hingga membentuk text area, perkecil b ukuran text terlebihdahulu. Kemudian pilih opsi Path untuk membuat teks yang bergelombang. Klik Finish.

Foreground & Background Color foreground color merupakan warna yang digunakan oleh beragam tools. Sedangkan Background tool merupakan warna yang digunakan ketika anda menghapus sebagian area gambar pada layer background. Untuk merubah warna, cukup klik pada salah stau kotak warna tersebut.

Brush tool merupakan kuas digital. Cara menggunakannya, aktifkan Brush tool. Pada option bar pilih bentuk brush sesuai keinginan anda. Pilih warna yang diinginkan. Kllik dan drag pada kanvas.

Gradient tool untuk membuat warna gradasi dalam Photoshop. Cara menggunakannya, aktifkan Gradient tool. Pada option bar, pilih jenis gradasi yang anda inginkan. Klik dan drag untuk membuat warna gradasi pada kanvas.

Fill Color untuk mewarnai suatu layer. Cara menggunakannya, klik menu Edit> Fill dalam kotak dialog fill pilih warna yang ingin digunakan untuk mengisi layer. Untuk member pola, pilih Pettern, pilih yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar